Ads 468x60px




Sabtu, 23 Agustus 2014

Tentang Batu Granit

Granit

Granit adalah batuan jenis  intrusif, felsik, igneus yang umum dan banyak ditemukan. Granit kebanyakan besar, keras dan kuat, dan oleh karena itu banyak digunakan sebagai batuan untuk konstruksi bangunan seperti, lantai, dinding kamar mandi,meja makan dll.

Kepadatan rata-rata granit adalah 2,75 gr/cm³ dengan jangkauan antara 
1,74 dan 2,80. Kata granit berasal dari bahasa Latin granum. Meja granit sebagai bidang acuan dalam proses pengukuran

Pada beberapa  bidang industri dan rekayasa,batuan  granit banyak digunakan sebagai bidang atau papan acuan dalam berbagai pengukuran dan alat pengukur. Hal ini dikarenakan

granit bersifat kedap air, kaku (rigid), non-higroskopis dan mempunyai  koefisien ekspansi termal yang sangat rendah. Salah satu penerapannya adalah pada mesin pengukur koordinat (Coordinate Measuring Machine).


Granit adalah batuan beku yang menyiratkan bahwa ia terbentuk dari magma cair yang didinginkan perlahan-lahan selama periode waktu. Ini terdiri dari berbagai mineral seperti kuarsa, feldspar mika dan dll Selain menurunkan suhu, magma juga tahan ribuan tahun tekanan berat yang menghasilkan bahan yang sangat keras, tahan gores dan sangat tahan lama. Batu ini disebut batu granit. Ada variasi dalam persentase mineral yang terkandung dalam berbagai jenis granit memberikan berbagai warna. Ini adalah mengapa granit ditemukan dalam warna hitam tapi juga tersedia dalam jenis berbutir dengan adanya garis-garis warna lainnya.

                               
                   Terimakasih.




           www.nusantarapoles.com
 
Blogger Templates